Selasa, 04 Oktober 2011

Mencegah Flashdisk Terserang Sality

virus Sality adalah virus komputer yang biasanya menyerang file dengan ekstensi .exe . Karena itulah virus sality ini sangat mengganggu bagi banyak pengguna komputer. 



Bayangkan jika saat diwarnet yang anda kujungi sudah terkena virus, termasuk virus sality tadi. Dan jika anda mengunduh file dari internet dan itu berekstensi .exe pasti virus akan menumpang saat file dipindahkan ke flashdisk. Itulah kenapa virus sulit untuk terdeteksi oleh kita, meski kita memiliki antivirus yang selalukita update. Antivirus yang selalau di update tak menjamin virus akan terdeteksi, karena jika virus sudah menyerang kekomputer kita duluan pasti antivirusnya sudah menganggap virus yang ada adalah file yang tidak berbahaya.
Cara untuk melakukan pencegahan agar flashdisk kita tidak terserang atau terhinggapi sality cukup mudah, ikuti langkah-langkahnya.

Ada dua cara :
1. Compress file .exe
Cara ini terbulang efektif untuk menghindarkan file exe kita terdetaksi oleh virus sality ini. Dengan meng-compress file exe maka ekstensi file akan berubah jadi .zip atau .rar . Maka virus tidak akan mendeteksi dan menyerangnya.
2. Ubah ekstensi file .exe
Cara ini yang paling cepat tapi paling melelahkan, intinya sara yang pertama tadi sama dengan cara kedua ini. Mengubah ekstensi file exe dangan ekstensi lain, caranya dengan me-rename dan mengganti format ekstensi file contohnya jadi .jpeg .mp3 .mpeg dan lainya. Supaya virus sality akan mengira itu bukan file exe padahal hanya diganti sementara ekstensinya saja.
Silahkan kedau cara tadi dicoba dan pilih yang mana anda ingin coba. Saya hanya share ilmu yang saya dapat, semoga bermanfaat bagi pembaca dan selamat mencoba. Mencegah lebih baik dari pada kita menghilangkannya, karena virus ini terbilang susah dihilangkan karena bisa berkembang dengan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar